Kode Bank BNI : 009 dan Cara Transfer Uang Antar Bank

Kode Bank BNI - Mengirim uang antar bank saat ini lain dibanding beberapa tahun silam. Di masa lalu transaksi semacam itu baru kelar 2 hari, akan tetapi saat ini transaksi bisa diselesaikan dalam beberapa detik saja. Kemajuan teknologi informasi begitu mencengangkan dan sangat cepat. Nasabah bank saat ini bisa menikmati layanan perbankan ini dengan mudah tanpa perlu datang ke kantor.
kode bank bni, bni internet banking, kode bank bni syariah,kode bank bca ke bni,syariah dari mandiri,dari mandiri,syariah untuk transfer atm,
Baca juga : Profile Bank BII Indonesia

Industri perbankan di tanah air diatur oleh Bank Indonesia sebagai bank sentral. Salah satunya adalah mengatur lalu lintas keuangan antar bank di Indonesia dengan mengeluarkan kode bank untuk keperluan transfer antar bank. Sampai kini Bank Indonesia sudah mengeluarkan 135 kode bank. Kode bank memiliki format berupa 3 digit angka yang digunakan sebagai identifikasi bank. Misalnya anda akan mentransfer uang ke rekening bank BNI sementara rekening bank anda sendiri berada di bank Mandiri. Kode bank BNI sebagai tujuan transfer ditambahkan sebelum mengetikkan nomer rekening tujuan dengan begitu sistem antar bank bisa mengeksekusi transaksi yang anda lakukan.

Kode bank BNI sendiri adalah 009. Kode itulah yang mesti diketikkan pertama kali dan kemudian diikuti mengetikkan nomer rekening tujuan di bank BNI. Contohnya anda akan mengirimkan uang kepada kerabat anda yang memiliki rekening di bank BNI. Anda sendiri tak memiliki rekening bank BNI, adanya hanya rekening Mandiri. Ketika anda berada di bilik ATM maka format penulisannya adalah kode bank BNI+nomer rekening bank BNI tujuan transfer. Contohnya : 00929.290.20.202.

Selain menggunakan fitur ATM bank tempat anda membuka rekening, transfer uang ke bank lain pun bisa memanfaatkan kemudahan yang diberikan oleh ATM Bersama. Misal anda akan mentransfer uang ke rekening BNI milik teman anda untuk membayar hutang anda. Anda sendiri menggunakan rekening bank Mandiri. Tata carannya adalah sebagai berikut :
  • Temukan ATM dengan tulisan ATM Bersama, kemudian masukkan kartu ATM ke slotnya.
  • Ketikkan nomer PIN ATM anda.
  • Pada layar utama pilihan “TRANSFER“
  • Kemudian pilihan "KE REKENING BANK LAIN”
  • Masukkan kode bank BNI yaitu 009 dan kemudian nomor rekening bank BNI milik teman anda itu.
  • Bila anda belum yakin dengan kode bank BNI anda bisa memilih menu ”DAFTAR KODE BANK”
  • Bila sudah betul tekan “BENAR”
  • Pada layar selanjutnya akan diminta nomer referensi, lewati saja dan tekan pilihan “BENAR”
  • Tuliskan jumlah uang yang akan anda transfer.
  • Konfirmasi transaksi transfer dengan melihat sekali lagi nomor rekening dan nama pemilik rekening bank BNI yang tertera pada layar.
  • Bila memang datanya sudah betul, tekan tombol "BENAR" dan permintaan anda akan diproses untuk kemudian keluar print out bukti transfer. Simpan kertas itu untuk bukti.