Kode Bank BRI : 002 dan Cara Transfer Antar Bank

Kode Bank BRI - Bagi Anda yang sering melakukan transaksi memakai mesin ATM, pada beberapa tujuan tentu memerlukan kode bank lain. Contohnya saja untuk kepentingan mentransfer dana antar bank. Tiap-tiap bank mempunyai kode bank berbeda yang digunakan untuk mempermudah prosedur identifikasi bank itu. Beberapa contoh misalnya kode bank BRI adalah 002, kode bank Mandiri 008, kode bank BCA adalah 014 dan sebagainya.
Kode Bank BRI, bank bri, kode bank bri transfer dari bca,untuk transfer dari bca,kode bank bri syariah,transfer,di atm bca,atm bersama,
Baca juga : Kode Bank BCA

Memang saat ini ATM adalah salah satu andalan masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan selain internet banking dan SMS banking. Coba anda hitung berapa kali sebulan anda pergi ke ATM. Kendati cuma sebuah mesin, masyarakat lebih suka menggunakan ATM untuk urusan finansial dibanding berjumpa dengan mbak-mbak teller bank dengan wajah cantik yang mempunyai senyuman ramah. Tak ada yang senang membelah kemacetan serta menjumpai antrian mengular di bank hanya untuk menarik uang Rp.100.000 atau mengirim uang Rp.200.000. Layanan mesin ATM jelas lebih efisien. Kiranya, di zaman yang serba instan seperti sekarang ini tak bisa dibayangkan bagaimana kita bisa hidup bila tak ada mesin ATM.

Bila suatu saat anda diharuskan untuk mentransfer uang ke rekening yang kebetulan tak sama dengan bank anda mungkin anda akan sedikit bingung. Misalnya saat ini anda memiliki rekening bank Mandiri dan anda akan mengirimkan uang kepada adik anda yang sedang kuliah di luar kota namun adik anda hanya memiliki rekening bank BRI. Ketika menggunakan ATM di sana anda akan diminta memasukkan kode bank BRI sebagai identifikasi bank tujuan. Pasti anda bingung bagaimana mengetikkan apa yang diminta ATM. Sebenarnya mudah saja bila anda sudah tahu kode Bank BRI yang 002 itu.

Bagaimana format mengetikkannya di mesin ATM? Sederhana saja cukup dengan kode bank+nomer rekening tujuan. Misalnya nomer rekening tujuan di bank BRI adalah 144.002.249.0202 maka formatnya : 002144.002.249.0202. Kemudian ketikkan jumlah nominal uang yang akan ditransfer. Akan ada perincian mengenai transfer anda meliputi nama pemilik rekening penerima dan jumlah yang akan ditransfer.

Saat ini layanan sebuah mesin ATM tak hanya untuk menarik tunai atau mengirim uang ke rekening lain namun sudah diperluas dengan penambahan beberapa fitur seperti membayar aneka tagihan bulanan, membayar pajak, membayar zakat, melunasi biaya pendidikan dan bahkan ia berfungsi bak sebuah konter pulsa dengan menyediakan pembelian pulsa dari semua provider seluler yang ada di Indonesia. Malah perkembangan terkini, mesin ATM pun telah di-interkoneksikan dengan jaringan perbankan di negara lain seperti MEPS (Malaysian Electronic Payment System) yang memfasilitasi nasabah bisa melakukan transaksi di negara Malaysia.