Ternyata Tugas Customer Service Bank Itu Tak Mudah

Customer Service umumnya digunakan menjadi palang pintu terdepan dari perusahaan termasuk juga bank. Customer service atau CS adalah orang pertama yang anda temui saat anda memasuki sebuah bank. Tugas Customer Service bank adalah sebagai sumber informasi sekaligus penghubung antara bank dan nasabah yang membutuhkan penjelasan mengenai layanan dan produk bank.
produk bank,pengertian bank,apa tugas customer service bank,bank mandiri,bank panin,sample resume tugas customer service bank,
Baca juga : Simulasi Kredit BNI

Customer Service diharapkan mampu menjalankan layanan 'One Stop Service', maksudnya nasabah hanya perlu menemui Customer Service saja ketika berurusan dengan bank. Nantinya tugas Customer Service bank yang akan memaparkan atau menangani kebutuhan nasabah tadi dengan menghubungkannya ke bagian yang sesuai. Hal tersebut tentunya  akan menambah rasa puas nasabah sebab mereka merasa kebutuhannya dilayani dengan semestinya dan nasabah tak harus berurusan dengan banyak orang.

Secara umum tugas Customer Service bank adalah sebagai berikut :
  • Melayani nasabah ketika akan membuka rekening tabungan, giro, deposito atau kebutuhan nasabah lain. Kecuali itu juga menjelaskan dengan sejelas-jelasnya tentang beragam produk dan layanan yang diminati nasabah atau calon nasabah.
  • Menemui dan melayani nasabah yang akan menyampaikan permasalahan yang berhubungan dengan layanan bank atau prdouk sebuah bank.
  • Melakukan administrasi daftar hitam Bank Indonesia serta daftar rehabilitasi nasabah sekaligus juga file nasabah.
  • Melakukan administrasi resi permintaan serta pengembalian buku cek dan bilyet giro maupun surat kuasa.
  • Memberikan penjelasan mengenai saldo ataupun mutasi dari rekening customer.
  • Membuat administrasi buku tabungan, cek, bilyet dan giro.
  • Menawarkan produk atau layanan yang dirasa cocok dengan kebutuhan customer.

Seorang customer service pun memiliki wewenang yang berkaitan dengan tugas-tugasnya diantaranya adalah :
  • Menyaksikan nasabah ketika mereka melengkapi dan menandatangani formulir, aplikasi atau perjanjian yang berkaitan dengan produk atau layanan bank.
  • Menolak permintaan pembukaan rekening jika memang tak sesuai dengan ketentuan yang ditentukan pihak bank.
  • Memverifikasi tanda tangan nasabah.
  • Menolak permintaan buku bilyet cek atau jika memang naabah tak memenuhi ketentuan yang ada.
  • Menutup rekening jika diminta oleh nasabah bersangkutan atau karena faktor lain sesuai dengan mekanisme intern bank.

Di luar dari tugas customer service bank sesuai yang telah digariskan bank, seorang CS mestilah bisa bersikap ramah. Keramahan merupakan hal positif dan sifat terhormat yang mesti diperlihatkan ke semua nasabah. Sebagai seorang customer service mesti bisa menjalin keakraban sehingga nasabah menjadi nyaman dan puas saat berada di dalam bank. Kecuali itu, Customer Service sebuah bank wajib mempunyai kecakapan berkomunikasi, sopan-santun, dan memiliki tanggung jawab penuh kepada customer. Kepercayaan adalah ujung tombak sebuah bank dalam melakukan aktivitas bisnisnya. Jika pelayanannya bisa memberikan kepuasan kepada nasabah, maka dengan sendirinya akan meningkatkan kepercayaan nasabah kepada bank.
Ternyata Tugas Customer Service Bank Itu Tak Mudah Rating: 4.5 Posted by: Deny Novriansyah Putra