Jangan Ngaku Pengguna WA Jika Belum Tahu 10 Fitur Hebat Ini

Meski sudah mencapai rekor semilyar pengguna, fitur-fitur aplikasi WhatsApp nyatanya belum banyak diketahui. Masih banyak fitur tersembunyi yang belum dimanfaatkan kebanyakan pengguna sebab belum tahu caranya. Setidaknya ada 10 fitur tersembunyi WhatsApp untuk beragam keperluan mulai dari meningkatkan privasi, membatasi penggunaan data sampai menyimpan log chat berformat teks.

1. Mencadangkan log chat

Pengguna dapat menyiapkan back up riwayat chat di WhatsApp. Dengan begitu ketika menggunakan ponsel lain maka seluruh chat lama dapat dikembalikan. Untuk itu masuk ke menu Settings dan ketuk opsi Chat and Chat Backup. Opsi ini menawarkan beberapa setelan guna menyimpan back up riwayat chat di akun Google Drive. Hanya dengan mengetikkan akun Gmail lalu mensetting supaya aplikasi dengan otomatis membuat cadangan dalam siklus waktu sesuai yang dipilih.

2. Menonaktifkan fitur Last Seen

Aplikasi pesan instan yang satu ini memiliki fitur dimana antar pengguna bisa saling mengetahui waktu online terakhir. Akan tetapi jika fitur tersebut bisa mengganggu privasi, pengguna dapat menonaktifkan simbol “last seen” tadi. Untuk itu masuk ke Settings > Account dan Privacy > Last Seen. Ketuk opsi Last Seen sehingga muncul pilihan Everybody bila semua orang diperbolehkan melihat “Last Seen”, My Contact bila hanya daftar kontak yang dapat melihat, atau Nobody bila tak seorang pun boleh melihat waktu terakhir online.

3. Menyimpan riwayat chat

Riwayat chat pun bisa dengan mudah disimpan dalam format teks sebagai arsip atau data-data bila dianggap penting. Caranya, ketuk ikon menu berupa tiga titik di sudut kanan atas layar lalu pilih More dan kemudian Email Chat. Berikutnya pengguna dapat menentukan ingin mengikutkan file media seperti foto, video dan lainnya atau cuma tulisan saja. Selanjutnya masukkan alamat e-mail sebagai tujuan mengirimkan riwayat chat itu.

4. Memblokir kontak

WhatsApp pun memiliki aplikasi tersembunyi untuk memblokir kontak yang tak diinginkan. Mula-mula masuk ke ruang chat dengan kontak yang dimaksud lalu ketuk ikon titik tiga di sudut kanan atas layar lalu ketuk More. Pilih opsi Block untuk memblokir kontak yang dipilih tadi.

5. Menonaktifkan fitur download otomatis

Secara default segala macam foto, video dan file media lain yang terkirim otomatis terdownload. Fitur tersebut akan menyebabkan konsumsi data cukup tinggi termasuk menyedot daya baterai lebih banyak. Karena itu buka menu Settings, kemudian ketuk Data Usage dilanjutkan memilih Media Auto Download. Opsi tersebut memberikan tiga pilihan : When using mobile data, When connected on WiFi, atau When roaming. Di tiap-tiap pilihan tersebut dapat ditentukan jenis media yang akan didownload otomatis.

6. Bookmark dengan bintang

Pengguna dapat menandai riwayat chat di WhatsApp yang dianggap penting seperti data alamat rumah atau nomor ponsel menggunakan bintang. Hanya dengan memilih chat mana yang hendak ditandai dengan mengetuk dan menahan beberapa saat sampai keluar tanda bintang. Ketuk tanda bintang tadi untuk mem-bookmark. Untuk membacanya kembali di lain waktu, masuk ke menu (ikon tiga titik di pojok kanan atas) dan ketuk Starred messages.

7. Menyembunyikan dua centang biru

Tiap pesan yang dikirim dan telah dibaca penerima maka akan keluar dua centang biru. Jika Anda sebagai penerima tidak mau pengirim tahu bahwa anda tela membacanya maka lakukan penyetelan dengan masuk ke Settings > Accounts dan Privacy > Read Receipts. Nonaktifkan Read Receipts dengan membuang centangnya.

8. Font Italic dan Bold dan Strike trough

Makin memanjakan penggunanya, WA memiliki fasilitas penulisan pesan dengan huruf tebal (bold), huruf miring (italic), dan juga coretan (strike through). Tambahkan tanda bintang (*) antara *kata yang dikehendaki*. Tambahkan underscore (_) mengapit _kata yang dikehendaki_ untuk memiringkan dan tambahkan tanda ~ mengapit ~kata yang dikehendaki~ untuk mencoretnya.

9. Mention anggota grup lain

Mencolek anggota grup lain pun bisa dilakukan di WhatsApp dengan membubuhkan atau menekan simbol "@" (tanpa tanda petik). Begitu mengetik simbol "@" pada kolom chat maka daftar nama kontak anggota grup langsung keluar. Pilih salah satu kontak untuk mencoleknya.

10. Balas pesan lama di grup

Apabila pengguna hendak mengutip salah satu pesan di grup untuk membalasnya, tekan lama pesan itu. Di sebelah kiri terdapat simbol panah. Tekan sekali untuk mengutipnya, dan mulai tuliskan balasan pesan tersebut lalu kirimkan.