Situs Bank Indonesia - http://www.bi.go.id

Situs Bank Indonesia - Bank Indonesia merupakan bank sentral Indonesia yang berdiri 1 Juli 1828 ketika itu dinamakan De Javasche Bank. Misi utama ketika itu adalah membuat dan mengedarkan mata uang. Sesudah Indonesia merdeka, De Javasche Bank dengan payung Undang-undang ditetapkan sebagai bank sentral tahun 1953. Tiga misi pokok dari Bank Indonesia adalah moneter, perbankan dan sistem pembayaran dan transaksi. Bank Indonesia pun berfungsi mendampingi Pemerintah dalam usaha melancarkan proses produksi dan pembangunan serta memperbesar lapangan kerja demi memperbaiki tingkat kehidupan rakyat Indonesia. Jika ingin mengetahui lebih lanjut segala hal mengenai Bank sentral ini anda bisa mengakses situs Bank Indonesia di alamat http://www.bi.go.id.
Situs Bank Indonesia, web bank indonesia,tentang bank indonesia,bank indonesia kurs tengah,tugas dan kewenangan,situs bank danamon,situs bank bni, Bank Indonesia,
Baca juga : Situs Bank Muamalat Indonesia

Banyak hal bisa dipelajari dengan membuka situs bank Indonesia mulai dari  Fungsi Bank Indonesia, susunan Dewan Gubernur, struktur organisasi, moneter dan kebijakan yang diambil, inflasi , BI Rate, kebijakan stabilitas sistem keuangan dan lain-lain. Anda pun bisa mengetahui posisi terakhir cadangan devisa Indonesia, angka inflasi terakhir dan target inflasi untuk tahun berjalan. Yang menarik lagi anda bisa melihat instrumen pembayaran yang berlaku di Indonesia. Pada menu itu anda akan banyak belajar mengenai uang : gambar uang Rupiah baik uang kertas ataupun uang logam, data rinci tentang pecahan uang yang digunakan di Indonesia, dan juga jenis uang yang sudah dicabut dan tak berlaku di Indonesia. Fitur pengaman pecahan uang pun dijelaskan di situs bank Indonesia sehingga anda bisa membedakan mana uang asli dan mana uang palsu.

Situs bank Indonesia pun menjelaskan panjang lebar mengenai layanan perpustakaan Bank Indonesia yang berlokasi di Kantor Pusat Bank Indonesia. Perpustakaan ini memiliki koleksi 45.149 judul Buku, 470 judul publikasi Periodikal (jurnal dan majalah), Buku elektronik (ebrary), 207 judul Publikasi BI, Jurnal elektronik (JSTOR, ProQuest, Emerald), Banker Almanac, EPFR, Bussiness Monitor Online, database online (Currency News, Hukum Online, dan OECD), dan sumber berita online (Asian Wall Street Journal, Financial Times, The Economist dan Dotsolution). Koleksi Periodikal sendiri meliputi publikasi Bank Indonesia, lembaga pemerintah serta dari lembaga keuangan dunia.

Situs Bank Indonesia pun menyediakan sarana untuk menyampaikan segala permasalahan yang berhubungan dengan kebanksentralan melalui saluran Call Center BICARA 500 131. Merupakan call center Bank Indonesia untuk permohonan informasi dengan sarana komunikasi telepon. Kalau Anda membutuhkan informasi mengenai Bank Indonesia anda bisa menghubungi BICARA di no telepon : 500-131 (pulsa lokal). Atau bisa juga anda sampaikan menggunakan sarana email dengan alamat : bicara@bi.go.id.

Ada lagi layanan Gerai Info Bank Indonesia di alamat : http://www.bi.go.id/Resources/gerai_info/Default.aspx#/Gerai%20Info%2048/0. Di situ anda bisa membaca versi cetak dari majalah Gerai Info Bank Indonesia untuk menambah wawasan anda tentang ekonomi makro maupun keuangan pada umumnya. Manfaatkan situs Bank Indonesia untuk meningkatkan pengetahuan ekonomi dan finansial anda.