Pengertian Bank Sentral, beserta Tugas, Peran, dan Fungsinya

Pengertian Bank Sentral -  Bank merupakan lembaga keuangan yang membantu masyarakat untuk melakukan berbagai transaksi keuangan. Pengertian bank sendiri berdasarkan UU No 7 tahun 1992 adalah badan usaha yang menghimpun dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Jadi, tujuan bank di sini adalah sebagai penghimpun dan penyalur dana untuk peningkatan taraf hidup masyarakat. Di Indonesia sendiri, jumlah bank sudah banyak sekali baik bank BUMN maupun bank swasta.
Tahukah Anda siapa yang merajai bank tersebut? Jawabannya adalah bank sentral, yang di Indonesia adalah Bank Indonesia. Bank sentral menurut Wikipedia diartikan sebagai sebuah instansi yang bertanggung jawab atas kebijakan moneter di wilayah negara tersebut. Dari pengertian tersebut, dapat diketahui bahwa tanggung jawab bank sentral untuk kestabilan moneter Indonesia sangatlah besar. Untuk lebih memahami tentang bank sentral, Anda harus menyimak artikel ini dengan baik. 

Jika Anda sudah mengetahui pengertian bank sentral, maka Anda juga harus tahu akan tugas dari bank ini. Bank sentral yang didirikan berdasarkan Undang-undang nomor 13 tahun 1968 ini memiliki tugas penting kaitannya dengan berbagai sistem financial negara. Tugas bank sentral tersebut adalah mengatur peredaran uang, mengatur perkreditan, mengatur mata uang agar tetap stabil, mengatur pengerahan dana-dana, mengatur perbankan, mengajukan pencetakan atau penambahan mata uang rupiah, dan lain-lain.

Peran dan Fungsi Bank Sentral?
Lembaga negara yang berperan sebagai bank sentral di Indonesia adalah Bank Indonesia. Kaitannya dengan statusnya sebagai bank sentral, bank Indonesia memiliki peranan penting dalam menjaga stabilitas keuangan negara kita. Peran bank sentral tersebut adalah menjaga stabilitas moneter antara lain melalui instrumen suku bunga dalam operasi pasar terbuka, berperan vital dalam menciptakan kinerja lembaga keuangan yang sehat terutama dalam dunia perbankan, berwenang untuk mengatur serta menjaga kelancaran sistem pembayaran, mengakses informasi-informasi penting yang dinilai mengancam stabilitas keuangan, dan berperan sebagai jaring pengaman sistim keuangan  melalui fungsinya sebagai lender of the last resort (LoLR). 

Selain perannya tugas dan peranannya, fungsi dari bank sentral juga sangat penting. Fungi bank sentral yang utama adalah mengawasi seluruh aktivitas moneter negara Indonesia. Secara lebih spesifik, fungsi dari bank sentral ada beberapa, yaitu:

Memperlancar Lalu Lintas Pembayaran
Kaitannya dengan fungsinya untuk memperlancar lalu lintas pembayaran, bank sentral berfungsi sebagai lembaga yang mencetak uang kartal, serta menyelenggarakan kliring antara bank umum.

Bank Sentral sebagai Bankir
Sebagai bankir, bank sentral mempunyai tugas untuk memelihara rekening milik pemerintah, memberikan pinjaman sementara maupun pinjaman khusus, menerima pembayaran pajak, melakukan jual beli valuta asing, membantu pembayaran pemerintah pusat ke pemerintah daerah, mengedarkan surat berharga milik pemerintah, dan berbagai transaksi ekonomi lainnya. 

Bank Sentral sebagai Agen dan Penasehat Pemerintah
Fungsi dari bank sentral sebagai agen serta penasehat pemerintah meliputi melakukan pengadministrasian dan pengelolaan hutang nasional, memberikan informasi serta saran tentang keadaan pasar baik pasar uang maupun pasar modal, serta melakukan pembayaran bunga atas hutang negara. 

Selain ketiga point di atas, masih ada fungsi lainnya dari bank sentral yang tidak kalah pentingnya yaitu memelihara cadangan devisa negara, memelihara cadangan bank umum, mengawasi berbagai kredit yang ada, mengawasi bank-bank, dan merupakan bankers bank serta lender of last resort. 

Informasi tentang pengertian bank sentral, tugas, peran serta fungsinya di atas semoga dapat menambah pemahaman Anda akan bank sentral. Bank yang bertanggungjawab terhadap segala kebijakan moneter Indonesia adalah Bank Indonesia. Semoga bank ini terus dapat menjalankan tugas, peran, dan fungsinya dengan baik dengan dukungan berbagai pihak. Sekian dari kami, semoga bermanfaat!!
Pengertian Bank Sentral, beserta Tugas, Peran, dan Fungsinya Rating: 4.5 Posted by: Deny Novriansyah Putra